Siswa memahami jenis pekerjaan tertentu beserta fungsi dan perannya Secara langsung dengan mendatangi lokasi atau instansi tempat bekerja. Misalnya untuk mempelajari tentang pemerintahan desa, siswa melakukan kunjungan ke kantor desa. Untuk mempelajari proses persidangan maka siswa diajak ke pengadilan negeri.
Langkah-lqngka pembelajaran
- Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai.
- Guru menjelaskan kegiatan studi lapangan kerja yang akan dilakukan (bentuk, tempat, dan waktu)
- Guru menjelaskan tujuan dan prosedur kegiatan studi lapangan kerja yang akan dilakukan.
- Siswa secara berkelompok dengan bimbingan giru melakukan kegiatan studi lapangan kerja.
- Siswa secara berkelompok dengan bimbingan guru melakukan kegiatan studi lapangan kerja.
- Siswa membuat laporan kelompok tentang kegiatan pelayanan dan nilai-nilai manfaat dari kegiatan pelayanan yang telah dilakukan.
- Siswa per kelompok mempresentasikan laporan di depan kelas.
- Siswa kelompok lain menganalisisnya.
- Guru mengklarifikasi hasil diskusi dan presentasi kelompok.
- Guru bersama siswa menyimpulkan.